Jumat, 01 Juli 2016

CONTOH PROPOSAL USAHA

PROPOSAL
JELLY STICK

Disusun Oleh : 
Sardan Maulana


 

YAYASAN PENDIDIKAN DAN PONDOK PESANTREN ADZKIA KHARISMA
SMK ADZKIA KHARISMA
BIDANG STUDI KEAHLIAN: BisnisdanManajemen, TeknologidanRekayasa.
PROGRAM STUDI KEAHLIAN: AdministrasiPerkantoran, AkuntansiKeuangan,
Pemasaran, danTeknikOtomotif
Jl. KH. Abdul Hamid KM. 04 Kp. SetuDesa Situ UdikKec.CibungbulangKab.Bogor 16630 Telp. (0251) 641082










SMK ADZKIA KHARISMA
Program Keahlian Bisnis Manajemen
Kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran

PROPOSAL

JELLY STICK

Oleh:
Sardan Maulana




           Mengetahui                                                                                  Menyetujui
         Ketua Program                                                                           Guru Kewirausahaan


                                               
Azharudin Sanusi. SE, Sy                                                                     Tajudin. SAB




               

KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah dan karuniaNya kepada penyusun, sehingga penyusun dapat menyelesaikan proposal membuka usaha penjualan yaitu “JELLY STICK” ini dengan baik dan lancar.
Dalam pembuatan laporan ini penyusun telah banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, maka dari itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang te;ah membantu saya. 
.
Laporan ini saya sajikansesuai ketentuan yang telah ditentukan oleh Guru Pembimbing yang bersangkutan. Laporan ini disajikan untuk salah  satu syarat  kelulusan dan  bahan pembelajaran. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat dalam bahan pembelajaran untuk kedepannya.
Akhir kata, saran dan kritik dari semua pihak sangat saya harapkan demi kesempurnaan dalam pembuatan laporan kedepannya.





Bogor, MEI 2016  









DAFTAR ISI
JUDUL HALAMAN
KATA PENGANTAR............................................................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................................................ ii
LEMBAR PENGESAHAN..................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG..................................................................................................... 1
B.     VISI USAHA................................................................................................................... 1
C.     MISI USAHA ................................................................................................................. 1
BAB II ANALISIS PELUANG USAHA
A.     ANALISIS PELUANG USAHA..................................................................................... 2
1.      Strenght..................................................................................................................... 2
2.      Weakness................................................................................................................... 2
3.      Opportunity............................................................................................................... 2
4.      Threat........................................................................................................................ 2
B.     MARKETING MIX........................................................................................................ 3
a.      Segmentasi Pasar...................................................................................................... 3
b.      Target Pasar............................................................................................................. 3
c.       Positioning................................................................................................................. 3
d.      Product...................................................................................................................... 3
e.       Price.......................................................................................................................... 3
f.        Place.......................................................................................................................... 3
g.      Promotion.................................................................................................................. 3
C.     PENGHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL................................................... 4
1.      Modal Untuk Produksi............................................................................................ 4
2.      Metode Penetapan Harga Plus............................................................................... 4
BAB III PENUTUP
A.    KESIMPULAN..................................................................................................... 5
B.     SARAN................................................................................................................... 5









 




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dengan mengangkat potensi produk lokal yang mudah, murah dan digemari masyarakat. Dari pemikiran inilah ide untuk membuat bisnis “JELLY STICK” muncul. Dalam memulai usaha, penyusun mencari dahulu peluang pasar. Tujuan utama dari bisnis ini adalah bukan untuk mencari uang tetapi hal lain, uang akan datang sebagai konsekuensi logis, bukan tujuan utama. Jadi kita membuat bisnis yang kita sukai, maka itulah sukses. Bisnis tidak menjadi beban, tetapi menjadi hal yang menyenangkan. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal dari pada gagal mencoba.
B.     Visi
Mewujudkan kemampuan dalam berwirausaha, meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

C.    Misi
1.      Menciptakan lapangan pekerjaan.
2.      Mengurangi pengangguran.








1
BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA
A.    Analisis Peluang Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menganalisa peluang usaha atau dengan menggunakan:
Analisis SWOT
1.      Strenght (kekuatan)
Ø  Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, dan proses pembuatannya sangat mudah dan bahan baku mudah di dapat.
2.      Weakness (kelemahan)
Ø  Jelly ini tidak akan bertahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet.
3.      Opportunity (peluang)
Ø  Makanan ini di sukai oleh semuakalangan, terutama anak – anak.
4.      Threat (ancaman)
Ø  Terlalu banyak saingan yang memproduksi produk yang baru dan beraneka rasa.









                                                                       
2
B.     Marketing Mix
1.      Segmentasi Pasar
“jelly stick” ini adalah makanan ringan yang dapat di nikmati sebagaicemilan dan di sukai mulai dari anak-anak, dewasa, maupun orangtua. Bukan hanya kalangan ekonomi atas, ekonomi menengah,bahkan kalangan ekonomi bawah juga dapat menikmati “JELLY STICK”.
2.      Target Pasar
“JELLY STICK” ini akan dijual di tempat lalu lalang orang banyak misalnya di pasar, terminal, stasiun atau di sekolah-sekolah terutama di SMK Adzkia Kharisma.
3.      Positioning
a.      Product (produk)
“JELLY STICK” ini banyak di cari oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai yang sudah tua pun menyukai cemilan yang satuini.”JELLY STICK” cocok di nikmati sebagai cemilan di waktu bersantai atau sebagai cemilan di waktu berkumpul dengan keluarga.
b.      Price (harga)
Harga yang di tawarkan sangat terjangkau maka dengan itu penetapan harga harus di sesuaikan dengan harga umum yaitu Rp 700,-
c.       Place (tempat)
Usaha ini sangat cocok di dirikan di lokasi atau tempat keramaian misalnya pasar, terminal, stasiun, tempat rekreasi dan di lingkungan sekolah.
d.      Promotion (promosi)
Promosi dilakukan dengan cara dari mulut kemulut.



3
C.    Perhitungan modal dan harga jual
1.      Modal untuk produksi 60 biji JELLY STICK
a.       Nutrijell 5 Bungkus                                         Rp 10.000,-
b.      Gula 1/2 kg                                                     Rp 6.000,-
c.       Stick ice cream 1 pack                                    Rp 2.000,-
d.      Biaya tenaga kerja                                           Rp 10.000,- +
Jumlah                                                           Rp 28.000,-

2.      Metode Penetapan Harga Biaya Plus
Biaya 60 biji, dengan keuntungan 43 %
Bahan baku                                                           =  Rp  18.000,-
Biaya tenaga kerja                                                 =  Rp  10.000,-
Jumlah                                                                   =  Rp  28.000,-

Maka:
Rp 28.000,- : 60 biji                                              Rp 466,-
Harga satuan dengan laba
Rp 466,- +(43% x Rp 466,-)                                 = Rp 666,-
Harga jual per biji                                      = Rp 666,-
3.      Analisis usaha
Laba Kotor
Jika 60 biji/hari x Rp.666,-                                    =  Rp 39.960,-
Jika Rp 39.960,- x 30 hari                                     =  Rp 1.198.800,- /bulan
Laba bersih                     
Rp 39.960,- 28.000,-                                             =  Rp 11.960,-
Rp 11.960,- x 30 hari                                            =  Rp 358.800,- /bulan

                                                                            4     

                                                     BAB III                             
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Simpulan dari proposal ini adalah kita dapat membuat usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar, jika kita bisa menggunakan modal tersebut dengan baik dan kita dapat memutarkan kembali uang yang kita peroleh sebagai modal usaha.
B.     Saran
Dalam memulai usaha yang baik dan sukses kita harus mengetahui peluang usaha yang akan kita mulai, dengan kita mengetahui peluang usaha yang akan muncul maka kita akan mengetahui langkah-langkah yang harus di tempuh dalam memulai usaha tersebut.











                                                           

                                                                      5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar