PROPOSAL
JELLY STICK
Disusun
Oleh :
Sardan
Maulana
YAYASAN PENDIDIKAN DAN PONDOK PESANTREN
ADZKIA KHARISMA
SMK ADZKIA KHARISMA
BIDANG STUDI
KEAHLIAN: BisnisdanManajemen, TeknologidanRekayasa.
PROGRAM STUDI
KEAHLIAN: AdministrasiPerkantoran, AkuntansiKeuangan,
Pemasaran,
danTeknikOtomotif
Jl. KH. Abdul Hamid KM. 04 Kp.
SetuDesa Situ UdikKec.CibungbulangKab.Bogor 16630 Telp. (0251) 641082
SMK ADZKIA KHARISMA
Program Keahlian Bisnis Manajemen
Kompetensi
keahlian Administrasi Perkantoran
JELLY STICK
Oleh:
Sardan
Maulana
Mengetahui Menyetujui
Ketua
Program Guru Kewirausahaan
Azharudin
Sanusi. SE, Sy Tajudin. SAB
KATA
PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat,
hidayah dan karuniaNya kepada penyusun, sehingga penyusun dapat menyelesaikan
proposal membuka usaha penjualan yaitu “JELLY STICK” ini dengan baik dan
lancar.
Dalam
pembuatan laporan ini penyusun telah banyak mendapatkan bantuan dari berbagai
pihak, maka dari itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh
pihak yang te;ah membantu saya.
.
Laporan
ini saya sajikansesuai
ketentuan yang telah ditentukan oleh Guru Pembimbing yang bersangkutan. Laporan
ini disajikan untuk salah satu syarat kelulusan dan
bahan pembelajaran. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat dalam
bahan pembelajaran untuk kedepannya.
Akhir
kata, saran dan kritik dari semua pihak sangat saya harapkan demi kesempurnaan
dalam pembuatan laporan kedepannya.
Bogor, MEI 2016
DAFTAR ISI
JUDUL
HALAMAN
KATA
PENGANTAR............................................................................................................... i
DAFTAR
ISI............................................................................................................................ ii
LEMBAR
PENGESAHAN..................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG..................................................................................................... 1
B. VISI
USAHA................................................................................................................... 1
C. MISI
USAHA ................................................................................................................. 1
BAB
II ANALISIS PELUANG USAHA
A. ANALISIS
PELUANG USAHA..................................................................................... 2
1. Strenght..................................................................................................................... 2
2. Weakness................................................................................................................... 2
3. Opportunity............................................................................................................... 2
4. Threat........................................................................................................................ 2
B. MARKETING
MIX........................................................................................................ 3
a. Segmentasi Pasar...................................................................................................... 3
b. Target
Pasar............................................................................................................. 3
c. Positioning................................................................................................................. 3
d. Product...................................................................................................................... 3
e. Price.......................................................................................................................... 3
f.
Place.......................................................................................................................... 3
g. Promotion.................................................................................................................. 3
C. PENGHITUNGAN
MODAL DAN HARGA JUAL................................................... 4
1. Modal
Untuk
Produksi............................................................................................ 4
2. Metode Penetapan Harga
Plus............................................................................... 4
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN..................................................................................................... 5
B. SARAN................................................................................................................... 5
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dengan mengangkat potensi produk lokal
yang mudah, murah dan digemari masyarakat. Dari pemikiran inilah ide untuk
membuat bisnis “JELLY STICK”
muncul. Dalam memulai usaha, penyusun mencari dahulu peluang pasar. Tujuan
utama dari bisnis ini adalah bukan untuk mencari uang tetapi hal lain, uang
akan datang sebagai konsekuensi logis, bukan tujuan utama. Jadi kita membuat
bisnis yang kita sukai, maka itulah sukses. Bisnis tidak menjadi beban, tetapi
menjadi hal yang menyenangkan. Yang terpenting adalah berani mencoba dan
memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal dari pada gagal mencoba.
B. Visi
Mewujudkan kemampuan dalam berwirausaha, meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
C. Misi
1.
Menciptakan lapangan
pekerjaan.
2.
Mengurangi
pengangguran.
1
BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA
A.
Analisis Peluang Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus
dilakukan terlebih dahulu adalah menganalisa peluang usaha atau dengan
menggunakan:
Analisis
SWOT
1.
Strenght
(kekuatan)
Ø Usaha
ini tidak membutuhkan modal yang besar, dan proses pembuatannya sangat mudah dan bahan baku mudah di dapat.
2.
Weakness
(kelemahan)
Ø Jelly
ini
tidak
akan
bertahan lama karena
tidak
menggunakan
bahan
pengawet.
3.
Opportunity
(peluang)
Ø Makanan ini di sukai oleh semuakalangan, terutama anak – anak.
4.
Threat
(ancaman)
Ø Terlalu banyak saingan yang memproduksi
produk yang baru
dan
beraneka rasa.
2
B.
Marketing Mix
1.
Segmentasi
Pasar
“jelly
stick” ini
adalah makanan
ringan yang dapat di nikmati
sebagaicemilan
dan
di sukai
mulai
dari
anak-anak, dewasa,
maupun orangtua. Bukan hanya kalangan ekonomi atas, ekonomi menengah,bahkan kalangan ekonomi bawah juga
dapat menikmati “JELLY STICK”.
2.
Target
Pasar
“JELLY
STICK” ini
akan dijual di tempat
lalu
lalang orang banyak
misalnya di pasar, terminal,
stasiun atau di sekolah-sekolah terutama di SMK
Adzkia Kharisma.
3.
Positioning
a.
Product
(produk)
“JELLY
STICK” ini banyak di cari
oleh
semua
kalangan
mulai
dari
anak-anak
sampai yang sudah
tua
pun
menyukai
cemilan yang satuini.”JELLY
STICK” cocok di nikmati
sebagai
cemilan di waktu
bersantai
atau
sebagai
cemilan di waktu
berkumpul
dengan
keluarga.
b.
Price
(harga)
Harga
yang di tawarkan sangat terjangkau
maka dengan itu penetapan harga harus di sesuaikan dengan harga umum yaitu Rp 700,-
c.
Place
(tempat)
Usaha ini sangat cocok di dirikan di
lokasi atau tempat keramaian misalnya
pasar, terminal, stasiun,
tempat
rekreasi
dan di lingkungan
sekolah.
d.
Promotion
(promosi)
Promosi
dilakukan dengan cara dari
mulut
kemulut.
3
C. Perhitungan
modal dan harga jual
1.
Modal
untuk produksi 60 biji
JELLY STICK
a.
Nutrijell 5 Bungkus Rp 10.000,-
b.
Gula 1/2 kg Rp 6.000,-
c.
Stick ice cream 1 pack Rp 2.000,-
d.
Biaya tenaga kerja Rp 10.000,-
+
Jumlah Rp 28.000,-
2.
Metode
Penetapan Harga Biaya Plus
Biaya 60 biji, dengan keuntungan 43 %
Bahan baku = Rp
18.000,-
Biaya tenaga kerja = Rp 10.000,-
Jumlah = Rp 28.000,-
Maka:
Rp 28.000,- : 60 biji = Rp 466,-
Harga satuan dengan laba
Rp 466,- +(43% x Rp 466,-) =
Rp 666,-
Harga jual per biji =
Rp 666,-
3. Analisis usaha
Laba
Kotor
Jika 60 biji/hari x Rp.666,- =
Rp 39.960,-
Jika Rp 39.960,- x 30
hari =
Rp 1.198.800,-
/bulan
Laba
bersih
Rp 39.960,- 28.000,- = Rp 11.960,-
Rp 11.960,- x 30 hari = Rp 358.800,- /bulan
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Simpulan dari proposal ini adalah kita dapat membuat
usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar, jika kita bisa menggunakan
modal tersebut dengan baik dan kita dapat memutarkan kembali uang yang kita
peroleh sebagai modal usaha.
B.
Saran
Dalam memulai usaha yang baik dan sukses kita harus
mengetahui peluang usaha yang akan kita mulai, dengan kita mengetahui peluang
usaha yang akan muncul maka kita akan mengetahui langkah-langkah yang harus di
tempuh dalam memulai usaha tersebut.
5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar